Sudah seharusnya menjadi sebuah kewajiban untuk kembali mengenyam pendidikan tinggi setelah lulus bangku sekolah. Alasannya tentu saja supaya kamu dapat beradaptasi di tengah perkembangan zaman yang begitu pesat ini. Karena dengan kembali kuliah, kemampuan yang kamu miliki akan meningkat. Selain itu, juga mengembangkan diri kamu. Hal itu tidak terlepas dari bimbingan para ahli dalam prosesnya.

Lembaga pendidikan tinggi terdiri dari lima jenis, yakni universitas atau perguruan tinggi, institute, politeknik, akademi, dan sekolah tinggi. Masing-masing lembaga pendidikan memiliki tujuan dan proses akademis yang berbeda.

Baca Juga: Biaya Kuliah di Akademi Pariwisata NHI Bandung

Universitas atau perguruan tinggi menjadi yang paling umum. Sebagian besar pelajar Tanah Air memilih lembaga pendidikan itu untuk tempat melanjutkan pendidikan tinggi mereka. Alasannya karena program studi yang ditawarkan begitu beragam.

Namun perlu kamu ketahui bahwa universitas itu bukan segalanya dalam hal mengenyam pendidikan tinggi. Terdapat lembaga pendidikan lainnya yang patut untuk kamu pertimbangkan ketika ingin kuliah, salah satunya Sekolah Tinggi.

Sekolah Tinggi merupakan lembaga pendidikan yang menyelenggarakan pendidikan akademik dan/atau vokasi dalam lingkup satu disiplin ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni. Apabila memenuhi persyaratan, juga dapat menyelenggarakan pendidikan profesi.

Dengan konsentrasi yang hanya pada satu bidang tertentu, sekolah tinggi bisa menjadi pilihan terbaik untuk meningkatkan kemampuan sekaligus mengembangkan diri kamu di bidang yang juga sesuai dengan konsentrasi tersebut.

STP Bandung Adalah Pilihan Terbaik di Bidang Pariwisata

Dan apabila kamu tertarik di bidang pariwisata, Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung (STPB) adalah pilihan terbaik. STPB merupakan lembaga pendidikan tinggi yang berada dibawah naungan Kementerian Pariwisata, namun secara teknis akademis tetap dibina oleh Kementerian Pendidikan Nasional.

Berstatus milik pemerintah, STP Bandung memiliki tujuan untuk menyiapkan tenaga-tenaga profesional di bidang pariwisata sebagai aset nasional yang kreatif, berkepribadian Indonesia, berjiwa wirausaha, berbudi luhur, dan berkualitas internasional.

STP Bandung menyelenggarakan program pendidikan mulai dari tingkat Diploma III (D3), Diploma IV (D4), Strata 1 (S1), hingga Magister Manajemen Pariwisata (S2). Untuk mengembangkan empat program pendidikan tersebut, STP Bandung telah menjalin kerjasama dengan berbagai perguruan tinggi baik dalam negeri maupun luar negeri.

Program pendidikan yang diselenggarakan di STPB merupakan sebuah program yang menekankan pada pencapaian keterampilan dari sebuah ilmu. Pencapaian keterampilan itu pun didukung dengan Studi Lapangan, Praktik Laboratorium, dan Praktek Kerja Nyata.

Sejarah Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung

Pada tahun 1959, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan-kini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan- menyelenggarakan sekolah kejuruan menengah dengan mendirikan Sekolah Kejuruan Perhotelan atau SKP. Ini adalah cikal bakal Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung berdiri.

Tiga tahun kemudian, tepatnya di tahun 1962, SKP resmi berganti nama menjadi SKPP yang merupakan singkatan dari Sekolah Kejuruan Perhotelan dan Perestoran. Namun, SKPP ini berada dibawah naungan Departemen Perhubungan Darat.

Pada tahun 11 Maret 1963, berdiri Akademi Perhotelan dan Perestoran (APP) sebagai kelas lanjutan SKPP dengan pendidikan selama 3 tahun. Berselang dua tahun, APP resmi menjadi APN (Akademi Perhotelan Nasioanal). APN ini menjadi pendidikan tinggi pertama di Indonesia di bidang Perhotelan.

Departemen Perhubungan kemudian memutuskan untuk menggabungkan SKPP dan APN menjadi satu dengan nama Pusat Pendidikan Kepariwisataan (PUSDIKPAR). Perubahan nama pun kembali dilakukan, PUSDIKPAR menjadi APN (Akademi Pariwisata Nasional).

21 Juli 1973, ditandai dengan kerjasama antara Pemerintah Indonesia dengan Pemerintah Swiss dibidang pendidikan perhotelan, APN resmi menjadi NHI (National Hotel Institute) atau Pusat Pendidikan Perhotelan.

NHI mengalami perkembangan dan menjadi NHTI (National Hotel & Tourism Institute) di tahun 21 Juli 1979. Balai Pendidikan dan Latihan Pariwisata Bandung (BPLP Bandung) resmi menjadi nama baru menggantikan NHTI.

Hingga pada akhirnya di tanggal 1 November 1993, BPLP Bandung berubah menjadi Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung dan dikenal hingga kini. STP Bandung menyelenggarakan program pendidikan dari tingkat D3 hingga Magister.

Ayo download aplikasi goKampus sekarang juga di Google Play Store dan App Store! Dengan hadirnya goKampus di smartphone-mu, informasi seputar dunia perkuliahan menjadi lebih mudah diperoleh. Mulai dari informasi pendaftaran kuliah, event kampus, dan dana pendidikan, beasiswa, magang, hingga promo mahasiswa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like