Sebagai mahasiswa baru, Ospek atau Orientasi Kampus adalah proses yang pasti akan dilalui pada masa awal perkuliahan. Namun, bagaimana sebenarnya Ospek Mahasiswa itu sendiri? Apa saja yang perlu kamu ketahui dan persiapkan untuk mengikuti proses Orientasi Kampus? Tak perlu bingung karena kali ini goKampus akan membahas ulasan singkat mengenai apa itu Ospek dan Orientasi Kampus untuk memberikan gambaran mengenai apa saja yang akan kamu lalui pada masa Ospek sebagai mahasiswa baru.

Apa itu Ospek?

Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus atau lebih sering disingkat menjadi Ospek adalah kegiatan bagi semua mahasiswa baru yang akan memulai pendidikan di perguruan tinggi. Kegiatan Ospek sendiri umumnya ditujukan untuk memberikan mahasiswa baru informasi mengenai segala hal mendasar mengenai perkuliahan serta mengenal lebih dalam jurusan, kampus, serta rekan-rekan sesama mahasiswa baik satu angkatan maupun senior.

Kegiatan Ospek secara umum tidak jauh berbeda dengan kegiatan MOS atau Masa Orientasi Siswa yang telah dilalui pada masa SMP ataupun SMA,

Hal-Hal yang Dilakukan pada Masa Orientasi atau Ospek

Lalu seperti apa kegiatan Ospek itu? Hal apa saja yang akan dilakukan mahasiswa baru selama masa orientasi atau Ospek? Berikut beberapa gambaran mengenai kegiatan Ospek yang umumnya akan dilalui mahasiswa baru.

1. Pakaian dengan Pernak-pernik Tak Biasa

Kegiatan Ospek selalu identik dengan pernak-pernik unik yang tak biasa. Pada awal masa orientasi, para senior akan memberikan banyak pengarahan mengenai bagaimana kegiatan Ospek akan berlangsung, dan hal apa saja yang harus dipersiapkan para peserta Ospek, termasuk “dress code” yang harus dikenakan mahasiswa baru selama masa orientasi.

Pernak-pernik ini bisa sangat beragam mulai dari yang sederhana hingga yang cukup rumit. Contohnya seperti mengenakan topi kertas dengan warna sesuai jurusan peserta, seragam yang dihiasi dengan pita-pita hingga tas yang terbuat dari kardus.

2. Main Bermacam-macam Games 

Tak hanya dibawa untuk mengenal lingkungan kampus, acara Ospek umumnya juga memiliki sesi-sesi yang menyenangkan. Setiap Ospek kerap memiliki kegiatan games atau permainan yang harus diikuti oleh para mahasiswa baru.

Kegiatan permainan inipun tak hanya sekedar untuk hiburan semata namun juga untuk membantu mahasiswa baru dekat satu sama lain serta untuk tujuan lainnya seperti melatih kerjasama antara mahasiswa hingga games untuk membantu mahasiswa lebih fokus. 

3. Berkenalan dengan para Dosen dan Beragam UKM

Kuliah tak melulu soal kelas, ada banyak sekali kegiatan yang bisa dilakukan semasa perkuliahan seperti bergabung dengan UKM (Unit Kerja Mahasiswa) atau organisasi-organisasi kemahasiswaan lainnya.

Pada masa orientasi mahasiswa baru alias Ospek, kamu akan diajak untuk berkenalan dengan dunia perkuliahan lebih dalam mulai dari para dosen yang akan mengajar hingga berbagai UKM dan organisasi mahasiswa yang ada sehingga pada saat menjalani perkuliahan kelak mahasiswa baru bisa merencanakan keseharian perkuliahannya dengan lebih mudah dan lancar.  

4. Beragam Tugas dan Proyek

Pada saat menjalani masa Ospek, para mahasiswa baru umumnya akan diberikan tugas-tugas dari para senior. Tugas atau proyek ini bisa berhubungan dengan jurusan bisa pula bersifat umum. Tujuannya adalah memberikan mahasiswa baru gambaran mengenai bagaimana menjalani keseharian perkuliahan dan menghadapi tugas-tugas.

Selain itu, beberapa tugas dan proyek pada masa Ospek juga bisa bertujuan untuk melatih kreativitas dan kerjasama mahasiswa.   

5. Acara Keakraban

Satu lagi kegiatan positif pada masa Ospek adalah acara keakraban yang biasanya diadakan pada hari terakhir masa orientasi. Umumnya, acara ini berbentuk malam keakraban dimana para mahasiswa baru sudah tidak lagi dibebani dengan berbagai pernak-pernik khas Ospek dan juga tugas-tugas pada masa orientasi lainnya.

Di acara keakraban ini, para mahasiswa baru akan diberikan ruang untuk bisa mengenal lebih dekat satu sama lain dan juga dengan para senior di kampus kelak. Tak heran jika pada malam keakraban ini lebih banyak diisi dengan kegiatan-kegiatan yang menyenangkan seperti games ataupun pentas seni.

Baca juga: Penasaran Seperti Apa Ospek & Orientasi Kuliah Luar Negeri?

Itulah gambaran singkat mengenai masa orientasi mahasiswa baru atau Ospek. Untuk kamu calon mahasiswa baru yang akan menjalani masa Ospek, kegiatan ini merupakan dasar yang bisa membantu kamu menjalani masa-masa perkuliahan dengan lebih baik dan lancar serta mempermudahmu beradaptasi dengan lingkungan baru perkuliahan kelak. 
Masih ingin tahu lebih banyak lagi mengenai dunia perkuliahan? Yuk download aplikasi goKampus sekarang di Google Play Store dan App Store. Mulai dari berbagai informasi seputar beasiswa hingga acara-acara Kampus dan lainnya, bisa kamu temukan dengan mudah di aplikasi goKampus!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like