Pendidikan tinggi menjadi modal penting dalam meraih masa depan yang cemerlang. Itulah alasan mengapa banyak orang yang menyarankan kamu untuk kembali melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, meski sudah 12 tahun di bangku sekolah. Terlebih lagi di era modern seperti sekarang ini. Karena jika tidak mampu beradaptasi, maka akan terjebak pada kebiasaan lama.

Dalam program pendidikan tinggi, tidak hanya pengetahuan yang akan meningkat, tetapi juga keterampilan. Didampingi oleh para tenaga pengajar ahli dan profesional, mahasiswa ketika lulus nanti diharapkan mampu menjadi jawaban atau solusi akan berbagai masalah di lingkungan masyarakat.

Baca Juga: Ternyata Ini 3 Keuntungan Magang Bagi Mahasiswa

Mengenai keterampilan di dalam program kuliah, kamu akan merasakannya secara langsung. Hal ini karena adanya program magang kuliah. Sebuah program yang menghadirkan mahasiswa ke dunia kerja dalam jangka waktu tertentu.

Melalui program ini, mahasiswa diharapkan mampu menerapkan segala ilmu pengetahuan mereka yang telah dipelajari selama di bangku kuliah. Sekaligus juga meningkatkan keterampilan yang dimilikinya.

Program magang ini dijalankan oleh mahasiswa hingga waktu yang telah ditentukan. Umumnya berjalan tiga bulan. Dan dilaksanakan pada semester akhir, sekitar semester 6 atau semester 7, tergantung pada kebijakan masing-masing universitas.

Dengan mengikuti program magang kuliah, tidak hanya keterampilan yang meningkat, tetapi juga mendatangkan berbagai manfaat lainnya. Salah satunya adalah kesempatan untuk langsung mendapatkan tawaran pekerjaan setelah lulus nanti dari perusahaan yang menjadi tempat magang tersebut.

Untuk mendapatkan segala manfaat magang kuliah, tentu kamu harus menjalani program magang dengan sebaik mungkin. Selain itu, jangan juga melakukan 3 hal berikut ini!

Menyepelekan Pekerjaan

Hal pertama yang tidak boleh kamu lakukan ketika menjalani program magang kuliah adalah menyepelekan pekerjaan. Jangan berpikiran bahwa kamu hanya magang di perusahaan tersebut. Berpikirlah bahwa kamu adalah karyawan baru di sana.

Ketika kamu berpikiran bahwa kamu adalah karyawan baru, maka kamu akan benar-benar mengerjakan segala tugas yang diberikan dengan baik. Hal ini secara psikologis, kamu akan takut untuk kehilangan pekerjaan tersebut.

Berbeda kalau kamu berpikir hanya magang, dimana hanya bekerja kurang lebih 3 bulan. Kamu akan menyepelekan pekerjaan yang diberikan. Karena secara psikologis, kamu hanya ingin buru-buru selesai magang saja.

Padahal perlu dicatat baik-baik bahwa magang itu juga merupakan salah satu penilain kuliah. Apabila menjalankan program tersebut dengan setidak baik-baiknya, maka nilai magang kamu juga akan buruk. Tentu saja kamu tidak ingin kembali mengulang program magang di semester berikutnya-beberapa perguruan tinggi menerapkan kebijakan seperti ini.

Terlambat Bahkan Bolos

Jangan terlambat atau bahkan bolos menjadi hal kedua yang seharusnya kamu hindari pada saat menjalani program magang. Bagaimana kamu akan mendapatkan nilai magang yang baik jika datang kerja saja tidak tepat waktu. Bahkan seringkali bolos yang jumlahnya tidak sedikit.

Kedisiplinan menjadi hal penting untuk kamu junjung tinggi. Tanpa disiplin, kamu akan kesulitan dalam mengembangkan diri. Tanpa disiplin pula, masa depan yang cerah hanya akan menjadi angan-angan belaka.

Jika kamu tidak percaya, silahkan tanya kepada orang-orang yang sudah berhasil. Pasti salah satu jawaban dari kunci kesuksesan adalah disiplin. Oleh karena itu, program magang menjadi kesempatan kamu untuk belajar disiplin.

Jangan Pasif

Dan hal terakhir yang sebaiknya tidak dilakukan dalam menjalani program magang adalah pasif. Meskipun kamu adalah karyawan baru dalam hal ini magang kuliah, bukan berarti kamu akan dibimbing setiap harinya.

Jangan malu untuk bertanya apabila kamu tidak mengerti dari pekerjaan yang diberikan kepada kamu. Karena jika tidak melakukan hal itu, kamu hanya akan membuang-buang waktu. Lakukan juga pekerjaan sesuai dengan prosedur yang telah diberikan. Inisiatif juga diperlukan.

Dapatkan informasi magang kuliah melalui aplikasi goKampus. Sebuah aplikasi yang membuat urusan kampus beres. Download goKampus sekarang juga di Google Play Store dan App Store! Tidak hanya informasi magang, tapi juga acara kampus, beasiswa kuliah, dana pendidikan, hingga promo mahasiswa tersaji dengan menarik. Pendaftaran kuliah pun bisa dilakukan di goKampus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like