Beasiswa Unggulan merupakan beasiswa penuh yang diberikan oleh pemerintah Indonesia, lebih tepatnya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud). Beasiswa penuh ini artinya bantuan dana pendidikan yang menanggung seluruh pembiayaan mahasiswa selama kuliah, seperti biaya per semester, uang pangkal, hingga biaya hidup.

Program beasiswa Kemdikbud ini setiap tahunnya hanya dibuka sebanyak dua kali dengan tahapan seleksi berupa administrasi dan wawancara. Itu artinya, tidak ada tahapan ujian tertulis dalam seleksi penerimaan beasiswa.

Baca Juga: Info Beasiswa Unggulan Kemendikbud Terbaru

Tak hanya beasiswa penuh dan tidak ada ujian tertulis, ada setidaknya 3 alasan lain mengapa kamu harus mendaftar Beasiswa Unggulan Kemdikbud. Terlebih kalau kamu memang ingin meraih pendidikan setinggi-tingginya demi penghidupan yang layak di masa depan.

1. Beasiswa Unggulan Kemdikbud Untuk Berbagai Jenjang

Alasan pertama mengapa kamu harus mendaftarkan diri pada program Beasiswa Unggulan Kemdikbud adalah beasiswa ini terbuka untuk semua jenjang. Mulai dari Strata 1 (S1), Magister (S2), hingga Doktor (S3).

Ini tentu menjadi sebuah keuntungan tersendiri yang dihadirkan oleh Beasiswa Unggulan, mengingat umumnya program beasiswa itu hanya untuk jenjang tertentu. Sebut saja Beasiswa Bidikmisi yang hanya dibuka untuk jenjang S1, Beasiswa LPDP untuk jenjang S2 dan S3.

Meskipun program beasiswa jenjang S1 jumlahnya begitu banyak, bukan berarti kamu melewatkan kesempatan Beasiswa Unggulan Kemdikbud ini, sebuah beasiswa penuh atau fully-funded.

Berbeda dengan beasiswa lainnya yang biasanya hanya bersifat partially-funded. Artinya, pembiayaan hanya diberikan sebagian saja. Umumnya berupa uang semester saja.

2. Berlaku Untuk Mahasiswa Baru dan Mahasiswa Aktif

Selain terbuka untuk semua jenjang, alasan kedua mengapa kamu wajib memperjuangkan Beasiswa Unggulan Kemdikbud adalah berlaku untuk mahasiswa baru dan mahasiswa aktif. Kembali menjadi sebuah keuntungan tersendiri yang disajikan oleh Beasiswa Unggulan.

Mahasiswa baru yang dimaksud disini adalah mahasiswa yang telah resmi dinyatakan diterima di salah satu perguruan tinggi namun belum memulai masa studi. Sedangkan mahasiswa aktif adalah mahasiswa yang tengah menjalani masa kuliah.

Lebih mendetail, persyaratan mahasiswa baru yang diperbolehkan untuk mendaftar Beasiswa Unggulan adalah mereka yang diterima di perguruan tinggi dengan minimal telah terakreditasi B oleh BAN-PT.

Sementara persyaratan mahasiswa aktif adalah mereka yang tengah menjalani masa perkuliahan dengan maksimal semester 2 ketika mendaftar. Apabila sudah memasuki semester 3, secara otomatis langsung didiskualifikasi.

3. Universitas Asal

Dan alasan terakhir mengapa Beasiswa Unggulan Kemdikbud patut untuk diperjuangkan adalah universitas asal. Maksudnya, mahasiswa yang berasal dari perguruan tinggi di Indonesia, dari Sabang hingga Merauke, dapat mendaftarkan diri pada beasiswa ini.

Menjadi keistimewaan lainnya yang dihadirkan oleh Beasiswa Unggulan, mengingat tidak sedikit yang mengeluhkan karena universitas pejuang beasiswa tidak menjalin kerjasama atau bermintra dengan beasiswa yang dituju. Dengan kata lain, mahasiswa dari universitas selain yang telah bermintra dengan beasiswa tertentu, tidak dapat mengajukan diri pada program bantuan dana pendidikan tersebut.

Berbeda dengan Beasiswa Unggulan Kemdikbud, dimana mahasiswa yang berasal dari seluruh perguruan tinggi tanpa terkecuali, bisa mendaftarkan diri pada beasiswa penuh dari pemerintah Indonesia ini.

Itu artinya, baik yang berasal dari PTN, PTS, Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri (PTAIN), hingga PTAIS, dapat mengajukan diri ke program Beasiswa Unggulan. Namun dengan catatan, perguruan tinggi tersebut wajib memiliki akreditasi minimal B dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi atau BAN-PT.

Ingin kuliah tapi terkendala dengan biayanya yang mahal? Coba kamu download goKampus di Google Play Store dan App Store di smartphone-mu! Kamu akan mendapatkan kesempatan beasiswa kuliah hingga 20 juta per semester. Tak hanya itu, kamu juga bisa mengajukan cicilan kuliah melalui dana pendidikan, sebuah fitur yang disediakan oleh goKampus. Segala urusan kampus beres, termasuk ragam informasi kerja magang, hingga event kampus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like