pertimbangan ketika memilih jurusan

Buat kalian yang akan lulus dari SMA/SMK, tentu akan dihadapkan pada pilihan-pilhan apa yang akan dilakukan setelahnya, salah satunya adalah kuliah. Namun, memutuskan untuk kuliah bukanlah  hal yang mudah apalagi saat ditanya ‘Mau ambil jurusan apa?’

Baca juga: Passion, Sepenting Apa Dalam Memilih Jurusan?

Bagi sebagian dari kalian sudah tahu jurusan apa yang akan kalian tempuh nantinya. Namun, bagi sebagian lagi yang belum, tentu ini akan menimbulkan kegalauan tersendiri. Agar kegalauan itu tidak berkepanjangan, berikut ini adalah lima hal yang harus kalian pertimbangkan:

  1. Minat
    ‘Follow your passion!’ tidak jarang kaum milenial dihadapkan dengan kalimat ini. Dengan pemikiran bahwa mengikuti minat akan memudahkan perkuliahan, minat menjadi salah satu hal yang terpenting. Bagi kalian yang menyukai seni bisa mengikuti kuliah seni rupa atau arsitektur. Namun, pastikan bahwa program kuliah yang akan kalian pilih memang sesuai dengan minat kalian
  2. Kemampuan
    Mempertimbangkan kemampuan bukan artinya kalian harus melanjutkan kuliah sesuai dengan pelajaran yang memang paling kalian kuasai. Bisa saja di perkuliahan kalian ternyata menyingkap talenta kalian yang tersembunyi. Tapi, kalau kalian tidak jago dalam matematika, kimia, atau fisika, jangan ambil kuliah teknik. Kalau kalian jago biologi, mungkin jurusan biologi atau mikrobiologi bisa dipertimbangkan.
  3. Cita-cita
    Kalian tentu ingat pada saat masih kecil dulu ditanya tentang cita-cita oleh orang sekitar. Kuliah menjadi salah satu jembatan untuk memilih jurusan. Kalau kalian ingin menjadi programmer, tentu ilmu komputer atau informatika menjadi pilihan jurusan yang tepat. Jika ingin menjadi jurnalis, pilihan jurusan yang bisa kalian ambil tentu beragam, mulai dari komunikasi, filsafat, hingga ilmu politik.
  4. Mau Kerja Apa?
    Ini adalah hal yang paling sering ditanyakan oleh orang tua saat anak-anaknya menyatakan pilihan jurusannya. Bagi kalian yang akan kuliah, tidak mampu menjawab pertanyaan ini tentu akan membuat kalian terpaksa memilih jurusan yang lain. Namun, percayalah bahwa hal ini menjadi salah satu pertimbangan penting karena kalian tentu tidak ingin menjadi pengangguran setelah lulus kuliah nanti.
  5. Penghasilan setelah kuliah Realistis saja. Uang memang bukan segalanya, tapi segalanya butuh uang. Jika kalian berpikir untuk mengambil jurusan seni rupa dan mungkin menjadi seniman setelahnya, bayangkan penghasilan seperti apa yang bisa kalian dapatkan. Kalau besar gaji menjadi salah satu pertimbangan kalian dalam memilih jurusan, kalian bisa melihat referensi di banyak portal pencari kerja. 
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like