alasan internship adalah
Magang

5 Alasan Internship Adalah Hal Penting Buat Mahasiswa

Siapa yang mahasiswa semester akhir dan ada mata kuliah magang atau internship? Di beberapa kampus, internship adalah sebuah mata kuliah yang wajib kamu ambil. Namun, ada juga yang tidak mewajibkan mahasiswanya untuk mengambil mata kuliah intership ini. Sebenarnya mata kuliah intership itu perlu atau gak ya? Apa sih alasannya kita ambil program intership? Nah, kali ini goKampus akan kasih tau kamu 5 alasan internship itu penting untuk mahasiswa, yuk simak artikel berikut ini!

1. Relasimu Akan Bertambah Banyak!

Menjalin relasi dengan banyak orang memang bisa kamu lakukan di mana saja. Namun, akan beda rasanya saat kamu menjalin relasi dengan orang-orang yang ada di perusahaan tempatmu bekerja. Alasan internship adalah hal penting buat kamu karena kamu akan bertemu dengan banyak orang yang memiliki latar belakang dan pengalaman kerja yang berbeda-beda. Bahkan, tidak jarang kamu juga bisa berteman dengan para petinggi perusahaan.

Keuntungannya adalah kamu bisa belajar dari pengalaman mereka selama berada di dunia kerja hingga saat ini. Hal ini akan mempermudah kamu nantinya untuk mempersiapkan apa saja yang kamu butuhkan di masa depan. Asik banget ya!

2. Mengaplikasikan Ilmu Selama Kuliah

Saat menjalani internship inilah waktunya kamu bisa menerapkan berbagai ilmu yang kamu pelajari di perkuliahan. Biasanya kamu akan dipercaya untuk mengerjakan suatu tugas atau proyek tertentu dengan arahan dari atasan. Namun, kamu gak perlu takut untuk mengeksplor dan mengaplikasikan ilmu yang kamu pelajari selama ini ya! Bisa jadi jika atasan suka dengan ide-ide yang kamu berikan, kesempatanmu untuk memegang proyek lain akan semakin besar.

3. Mengenal Dunia Kerja

Biasanya pada hari pertama internship, kamu akan berkeliling dan mengenal dengan metode kerja yang biasa mereka gunakan. Kamu akan belajar untuk beradaptasi dengan budaya mereka bekerja. Hal inilah yang akan membuatmu lebih bisa mengenali dunia kerja secara utuh. Mulai dari cara menyelesaikan masalah, hingga cara mengembangkan dan mengeksekusi ide-ide untuk kebutuhan perusahaan.

Baca Juga : 3 Keuntungan Magang di Startup Bagi Mahasiswa

4. Mendapatkan Kemampuan Baru

Alasan internship yang perlu kamu tahu juga adalah kamu bisa mendapatkan banyak ilmu serta berbagai keahlian baru. Hal ini karena sebagai anak magang kamu akan dibimbing oleh atasanmu untuk mengerjakan berbagai tugas-tugas meskipun itu bukan bagian dari pekerjaanmu. Nah, saat magang inilah kamu bisa mengeksplor berbagai jenis pekerjaan baru yang mungkin belum pernah kamu pelajari sebelumnya.

5. Awal Karir di Masa Depan

Menjalani program internship itu sama seperti batu loncatan sebelum kamu masuk ke dunia kerja yang sesungguhnya. Sebenarnya apa yang didapat selama mengikuti program magang bisa menjadi dasar buat kamu untuk siap melanjutkan karir di masa depan.

Karena itu, penting banget untuk kamu memilih magang di perusahaan yang memang sesuai dengan rencana karirmu kelak. Gak jarang juga loh, perusahaan mengangkat karyawan magang sebagai karyawan tetap setelah mereka lulus kuliah. Wah wah.. Gak sabar nih ya!

Nah, masih ragu-ragu untuk mengambil program magang saat kuliah? Semoga artikel dari goKampus bermanfaat untuk kamu, ya! Jangan lupa, download aplikasi goKampus di Google Play dan App Store, karena ada banyak banget informasi tentang dunia perkuliahan di sana! Bareng goKampus, semua #PastiBisaKuliah

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *