Siapa yang mahasiswa semester akhir dan ada mata kuliah magang? Di beberapa kampus, mata kuliah magang wajib diambil dan dikerjakan, namun ada juga yang tidak mewajibkan mahasiswanya untuk mengambil mata kuliah ini. Sebenarnya mata kuliah magang itu perlu atau gak ya? Apa sih alasannya kita ambil program magang? Nah, kali ini goKampus akan kasih tau kamu 5 alasan kenapa magang itu penting untuk mahasiswa, yuk simak artikel berikut ini!

1. Relasimu Akan Bertambah Banyak!

Menjalin relasi dengan banyak orang memang bisa dilakukan di mana saja, tapi akan beda rasanya saat kamu menjalin relasi dengan orang-orang yang ada di perusahaan tempatmu bekerja. Selama kamu magang, kamu akan bertemu dengan banyak orang yang memiliki latar belakang dan pengalaman kerja yang berbeda-beda, bahkan tidak jarang kamu juga bisa berteman dengan para petinggi perusahaan.

Keuntungannya adalah kamu bisa belajar dari pengalaman mereka selama berada di dunia kerja hingga saat ini dan hal ini akan mempermudah kamu nantinya untuk mempersiapkan apa saja yang dibutuhkan di masa depan. Asik banget ya!

2. Mengaplikasikan Ilmu Selama Kuliah

Saat magang inilah waktunya kamu bisa menerapkan berbagai ilmu yang kamu pelajari di perkuliahan, karena biasanya kamu akan dipercaya untuk mengerjakan suatu tugas atau proyek tertentu dengan arahan dari atasan. Tapi, kamu gak perlu takut untuk mengeksplor dan mengaplikasikan ilmu yang kamu pelajari selama ini ya! Bisa jadi jika atasan suka dengan ide-ide yang kamu berikan, kesempatanmu untuk memegang proyek lain akan semakin besar.

alasan magang mahasiswa

3. Mengenal Dunia Kerja

Biasanya pada hari pertama magang, kamu akan diajak keliling dan diperkenalkan dengan metode kerja yang biasa mereka gunakan, sehingga kamu akan diminta untuk bisa beradaptasi dengan budaya mereka bekerja. Hal inilah yang akan membuatmu lebih bisa mengenali dunia kerja secara utuh, mulai dari cara menyelesaikan masalah, hingga cara mengembangkan dan mengeksekusi ide-ide untuk kebutuhan perusahaan.

Baca Juga : 3 Keuntungan Magang di Startup Bagi Mahasiswa

4. Mendapatkan Kemampuan Baru

Alasan keempat kenapa magang itu penting adalah kamu bisa mendapatkan banyak ilmu serta berbagai keahlian baru, hal ini dikarenakan sebagai anak magang kamu akan dibimbing oleh atasanmu untuk mengerjakan berbagai tugas-tugas meskipun itu bukan bagian dari pekerjaanmu. Nah, saat magang inilah kamu bisa mengeksplor berbagai jenis pekerjaan baru yang mungkin belum pernah kamu pelajari sebelumnya.

5. Awal Karir di Masa Depan

Menjalani program magang itu sama seperti batu loncatan sebelum kamu masuk ke dunia kerja yang sesungguhnya. Sebenarnya apa yang didapat selama mengikuti program magang bisa menjadi dasar buat kamu untuk siap melanjutkan karir di masa depan.

Karena itu, penting banget untuk kamu memilih magang di perusahaan yang memang sesuai dengan rencana karirmu kelak. Gak jarang juga loh, perusahaan mengangkat karyawan magang sebagai karyawan tetap setelah mereka lulus kuliah. Wah wah.. Gak sabar nih ya!

Nah, masih ragu-ragu untuk mengambil program magang saat kuliah? Semoga artikel dari goKampus bermanfaat untuk kamu, ya! Jangan lupa, download aplikasi goKampus di Google Play dan App Store, karena ada banyak banget informasi tentang dunia perkuliahan di sana! Bareng goKampus, semua #PastiBisaKuliah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like