Apa yang muncul di pikiranmu waktu denger kata ‘dosen’? Buat sebagian kita pasti yang muncul adalah sifat ‘killer’ atau galak. Tapi, sebagai mahasiswa sebenarnya ada banyak sekali manfaat jika kamu bisa menjalin relasi yang baik dengan dosen. Di sebagian kampus, ga jarang ada dosen-dosen yang bisa akrab banget menjalin pertemanan dengan mahasiswanya. Tapi… apa aja sih manfaatnya menjalin relasi dengan dosen? Emang penting banget ya? Nah, goKampus akan kasih tau kamu 4 manfaat menjalin relasi dengan dosen. Ini dia!

1. Membangun koneksi lebih besar

Menjalin relasi dengan dosen akan membuat kamu memiliki koneksi yang jauh lebih besar, yang gak bisa didapat oleh kebanyakan mahasiswa lain pada umumnya. Misalnya kalau kamu membutuhkan pengetahuan mengenai dosen yang ahli di bidang tertentu, kamu bisa meminta informasi dari dosen yang memiliki hubungan baik denganmu. Siapa tau kamu bisa mendapatkan informasi itu dengan mudah… Dijamin deh koneksi kita akan terbuka lebar jika kita menjalin relasi yang baik dengan dosen-dosen di kampus! 

2. Belajar pengalaman hidup

Perjuangan dan pengalaman menjadi seorang dosen tentu gak gampang. Banyak banget rintangan yang mereka jalani sebelum mencapai posisi yang sekarang. Proses itulah yang bisa menjadi inspirasi buat kamu dalam menjalani masa perkuliahan. Kamu bisa menjadikan cerita dan pengalaman hidup dari mereka sebagai sebuah motivasi dan jalan keluar jika ada masalah-masalah yang kamu hadapi. Gak ada salahnya juga loh kamu curhat dengan mereka tentang berbagai masalahmu, bisa jadi mereka akan mengerti dan memberikan jalan keluar yang gak pernah kamu pikirkan sebelumnya!

Baca Juga : Kuliah Jurusan Teknik Informatika dan Prospek Kerjanya

3. Mendapat banyak pengetahuan

Manfaat yang ketiga adalah pengetahuanmu akan bertambah seiring berjalannya waktu. Kebanyakan dosen senang sekali membagikan ilmu yang mereka punya kepada mahasiswa yang dekat dengan mereka. Bahkan gak jarang, ada dosen yang suka bagi-bagi buku untuk pengetahuan umum loh. Asik banget ya!

4. Membuka peluang karir

Kebanyakan dosen sering mencari mahasiswa yang mereka percaya kemampuannya untuk dijadikan asisten dosen di mata kuliah mereka. Tentunya, hal ini gak boleh kamu sia-siakan! Di sinilah peluang karirmu akan terbuka, karena kamu akan punya peluang untuk ikut mengerjakan berbagai proyek penelitian dan aktif mengajar di kelas mata kuliah tersebut.

Nah, ini dia berbagai manfaat menjalin relasi dengan dosen. Mulai sekarang jangan takut lagi ya untuk ngobrol bareng dosen-dosenmu! Semoga artikel dari goKampus bermanfaat untuk kamu, ya! Jangan lupa, download aplikasi goKampus di Google Play dan App Store, karena ada banyak banget informasi tentang dunia perkuliahan di sana! Bareng goKampus, semua #PastiBisaKuliah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like