Magang merupakan salah satu langkah terbaik untuk merasakan secara langsung seperti apa dunia kerja yang sesungguhnya, meski masih berstatus sebagai mahasiswa. Beberapa universitas swasta di Indonesia maupun perguruan tinggi negeri pun menjadikan magang sebagai salah satu syarat kelulusan.

Melalui program magang baik itu yang disediakan oleh perguruan tinggi maupun tidak, mahasiswa dapat mengaplikasikan ilmu-ilmu yang telah dipelajarinya semasa duduk di bangku kuliah, sekaligus kemampuan yang dimilikinya secara langsung di dunia kerja.

Baca Juga: Ternyata Ini 3 Keuntungan Magang Bagi Mahasiswa

Selain itu, magang juga memberikan ragam manfaat lain. Diantaranya mengasah diri dalam menyelesaikan tugas-tugas kantor yang diberikan, memperluas relasi, dan berkesempatan untuk mendapatkan pekerjaan setelah lulus nanti.

Manfaat yang terakhir tersebut tentu dengan catatan mampu menjalani masa magang dengan sebaik-baiknya. Karena dengan begitu, pihak perusahaan yang menjadi tempat magang akan lebih dulu mengevaluasi kinerja dan jika hasilnya baik, tidak menutup kemungkinan langsung ditawari pekerjaan.

Waktu terbaik untuk magang adalah semester akhir. Inilah mengapa sejumlah universitas mewajibkan mahasiswa tingkat akhir untuk mengikuti program magang. Karena di semester akhir, mahasiswa tidak lagi disibukkan dengan jadwal kuliah yang padat, melainkan fokus pada penyusunan skripsi atau tugas akhir.

Dan untuk memaksimalkan program magang demi mendapatkan berbagai manfaat yang ditawarkan, sekaligus juga tetap fokus pada penyusunan skripsi, berikut 3 tips sukses magang bagi mahasiswa tingkat akhir.

1. Kenali Perusahaan Tempat Magang Dengan Baik

Tips sukses magang kuliah yang pertama untuk kamu mahasiswa tingkat akhir adalah mengenali perusahaan tempat magang dengan baik. Disarankan untuk lebih dulu mencari informasi selengkap mungkin mengenai perusahaan yang akan kamu jadikan sebagai lokasi magang.

Dengan begitu, maka kamu dapat mempersiapkan diri sebaik mungkin sebelum hari H nanti tiba. Karena faktanya bahwa masing-masing perusahaan memiliki budaya kerja yang berbeda-beda, dan tidak sedikit perusahaan yang memiliki budaya kerja yang ketat.

Mulailah untuk membiasakan diri dengan berbagai hal yang mungkin sebelumnya tidak pernah kamu rasakan ketika menjalani program magang. Untuk itulah mengenali perusahaan lebih dulu menjadi hal penting.

2. Jagalah Etika dan Tetaplah Disiplin

Menjaga etika sekaligus mengutamakan kedisiplinan menjadi tips sukses magang kuliah yang kedua. Jangan berpikiran bahwa kamu hanya sebatas mengikuti program magang. Tapi berpikirlah bahwa kamu adalah seorang karyawan. Sebagaimana mestinya karyawan, tentu harus mengikuti peraturan perusahaan dengan baik.

Oleh karena itu, jagalah etika kamu semasa magang dan tetap disiplin. Bahkan melebihi karyawan tetap di perusahaan tempat kamu magang tersebut. Karena ketahuilah bahwa tidak menutup kemungkinan bahwa kamu akan ditawari pekerjaan selepas program magang selesai yang biasanya hanya 3 bulan lamanya.

3. Ciptakan Hubungan yang Baik

Dan tips terakhir untuk kamu mahasiswa semester akhir yang berencana mengikuti program magang adalah menciptakan hubungan yang baik. Dengan begitu, sangat terbantu untuk kamu dalam bertanya-tanya mengenai tugas kantor atau dalam kesulitan.

Selain itu, memiliki hubungan yang baik juga akan menciptakan lingkungan kerja yang nyaman. Tentunya kamu tidak ingin bukan bekerja tanpa mengenal lingkungan tempat kamu bekerja. Karena hal itu justru akan menghambat kamu dalam mengerjakan tugas-tugas kantor.

Mulailah menjalin hubungan baik dengan teman satu divisi. Kemudian, berlanjut dengan berkenalan rekan-rekan kerja di divisi lain. Dengan semakin memperluas jaringan pertemanan, maka kamu akan mendapatkan berbagai manfaat. Sebut saja salah satunya adalah ilmu pengetahuan. Sehingga, ilmu yang diperoleh dari magang tidak hanya sesuai dengan jenis pekerjaan, tetapi juga ilmu lainnya.

Ragam informasi lowongan kerja magang dapat ditemukan dengan mudah hanya melalui satu aplikasi, bernama goKampus. Tidak hanya itu, aplikasi yang sudah tersedia di Google Play Store dan App Store ini juga mengulas secara menarik tentang hal-hal seputar dunia perkuliahan. Diantaranya dana pendidikan, acara kampus, hingga pendaftaran beasiswa. Jadi tunggu apalagi, segera download aplikasi goKampus di smartphone-mu sekarang juga dan rasakan berbagai manfaatnya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like