Penting untuk sedini mungkin mempersiapkan dana pendidikan di masa yang akan datang. Karena perlu diketahui bahwa biaya pendidikan di Indonesia itu jumlahnya tidaklah sedikit. Terlebih lagi setiap tahunnya mengalami peningkatan yang cukup signifikan.

Meski biaya pendidikan cukup tinggi, namun bukan menjadi alasan untuk tidak melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Karena biaya kuliah mahal dapat diatasi dengan mengajukan program beasiswa.

Berbagai pihak menawarkan program beasiswa, mulai dari pemerintah melalui beberapa kementerian seperti salah satunya yang paling terkenal adalah beasiswa LPDP dari kementerian keuangan, universitas, hingga perusahaan swasta.

Baca Juga: Ternyata Ini Rahasia Menyiapkan Dana Pendidikan

Meraih beasiswa itu sendiri dapat dikatakan tidak mudah. Pasalnya, terdapat serangkaian tahap yang harus dilakukan oleh setiap pelamar beasiswa. Mulai dari melengkapi persyaratan, mengikuti ujian tertulis, hingga tes wawancara. Inilah mengapa beasiswa itu bukan hanya sekadar untuk mengatasi biaya kuliah di Indonesia yang cukup mahal, tetapi juga menjadi sebuah kebanggaan tersendiri bagi penerimanya.

Jika kamu gagal meraih beasiswa, jangan lantas menjadi alasan untuk tidak melanjutkan pendidikan tinggi. Karena beasiswa bukanlah satu-satunya sumber dana pendidikan. Masih ada cara lain untuk mengatasi mahalnya biaya kuliah.

Cara lain yang patut untuk kamu coba adalah asuransi pendidikan. Beberapa perusahaan asuransi telah menawarkan produk asuransi pendidikan untuk kamu yang tengah merencanakan dana pendidikan sekaligus jadi jawaban terbaik selain beasiswa.

Namun terdapat beberapa hal penting yang harus lebih dulu kamu ketahui sebelum mengambil keputusan untuk membeli produk asuransi pendidikan yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi. Berikut ini 3 tips dalam memilih asuransi pendidikan terbaik untuk kamu.

1. Sesuaikan Dengan Target Biaya Pendidikan

Tips pertama dalam memilih asuransi pendidikan terbaik untuk kamu adalah sesuaikan dengan target biaya pendidikan. Karena tujuan mengambil asuransi itu pastinya ketika kamu masuk kuliah, dana yang dibutuhkan sudah tersedia.

Untuk mengetahui besaran biaya pendidikan yang akan dibutuhkan nanti, kamu harus mengetahui tiga hal, yakni universitas tujuan, kenaikan biaya kuliah meliputi uang pangkal dan uang semester, dan hitung total keseluruhan menggunakan excel dengan rumus Future Value.

Besaran biaya pendidikan itu tergantung pada universitas tujuan dan program studi yang dipilih. Ambil contoh Universitas Indonesia dengan jurusan kuliahnya adalah kedokteran, tentu biaya yang dikeluarkan akan jauh lebih besar dibandingkan perguruan tinggi negeri lainnya meski dengan prodi yang sama.

2. Pelajari Risiko Asuransi Pendidikan

Asuransi pendidikan sama halnya dengan jenis asuransi lainnya, dimana perusahaan akan mewajibkan para pelanggannya untuk membayar premi dengan besaran tertentu. Kemudian premi tersebut akan diinvestasikan oleh perusahaan kepada instrumen yang sesuai dengan pilihan kamu.

Penting untuk dipahami bahwa setiap instrumen asuransi itu memiliki risiko. Pasar uang merupakan instrumen asuransi dengan risiko yang paling rendah, sementara saham sebaliknya, instrumen asuransi yang memiliki risiko paling tinggi.

Sebaiknya memilih instrumen asuransi yang sesuai dengan kemampuan diri kamu. Apabila tidak mampu menerima fluktuasi keuntungan, sebaiknya tidak mengambil instrumen dengan risiko tinggi. Begitu juga sebaliknya.

3. Bersikaplah Kritis

Dan tips terakhir dalam memilih asuransi pendidikan adalah dengan bersikap kritis. Jangan langsung mudah percaya dengan apa yang ditawarkan oleh agen asuransi. Lakukan verifikasi kembali informasi yang disampaikan oleh agen asuransi.

Karena tujuan agen asuransi adalah closing pembelian dengan pembayaran premi asuransi. Terkadang, para agen asuransi menginformasikan hal-hal yang bagus saja untuk mendapatkan closing pembelian tersebut, tanpa memberikan informasi secara detail tentang risiko dari asuransi pendidikan itu.

Ingin mendapatkan berbagai informasi seputar dunia perkuliahan selain tips memilih asuransi pendidikan? Langsung saja download aplikasi goKampus di smartphone-mu sekarang juga! Ragam Informasi seperti dana pendidikan, beasiswa kuliah, acara kampus, pendaftaran kuliah, hingga berbagai kesempatan magang bisa kamu akses dengan mudah di satu aplikasi saja. Aplikasi goKampus telah tersedia di Google Play Store dan App Store.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like