Tidak sedikit dari para pelajar Indonesia, mungkin termasuk diri kamu sendiri yang berkeinginan untuk bisa kuliah di luar negeri. Ragam keuntungan yang ditawarkan menjadi faktor yang membuat banyak pelajar ingin mengenyam pendidikan tinggi di negeri orang. Terlebih di negara-negara maju yang sudah terkenal dengan kualitas pendidikannya, seperti Finlandia, Selandia Baru, Amerika Serikat, Jerman, hingga Inggris.

Keuntungan pertama yang diraih oleh kamu jika berkesempatan kuliah di luar negeri adalah relasi hubungan luas. Kamu akan bertemu dengan para pelajar dari berbagai mancanegara. Itu artinya, kamu bisa menjalin hubungan dengan mereka.

Baca Juga: 3 Kesalahan Umum Saat Daftar Kuliah

Kedua, kamu akan mendapatkan kualitas pendidikan yang terbaik. Bukan rahasia lagi bahwa perguruan tinggi terbaik berada di negara-negara maju. Namun bukan berarti kuliah di dalam negeri tidak memperoleh pendidikan terbaik, mengingat beberapa universitas juga menawarkan kualitas pengajaran yang tidak perlu lagi diragukan.

Keuntungan lain ketika berkesempatan kuliah di luar negeri adalah mendapatkan pengalaman baru, baik dari segi budaya, makanan, maupun masyarakat sekitar. Sebagai contoh ketika kuliah di Inggris, tentu budaya di sana sangatlah berbeda dengan Indonesia. Begitu juga di Amerika Serikat, Finlandia, Jerman maupun Prancis, dan lain sebagainya.

Inilah mengapa tidak sedikit pelajar Indonesia yang bertekad untuk bisa mewujudkan impian kuliah di luar negeri, mungkin termasuk diri kamu yang tengah membaca artikel ini. Lantas, bagaimana untuk mengapai impian tersebut? Berikut 3 langkah sukses yang penting untuk kamu ketahui.

1. Kenali Lebih Dulu Diri Kamu

Jauh sebelum kamu mendaftarkan diri ke universitas tujuan di luar negeri, kenali lebih dulu diri kamu sendiri. Ini langkah pertama yang sangat penting untuk dilakukan. Karena jika tidak, jangan harap kamu bisa mewujudkan impian untuk mengenyam pendidikan tinggi di negeri orang.

Kenali lebih dulu diri sendiri ini adalah mengetahui apa kelebihan dan kekurangan diri kamu. Cari tahu juga kamu di masa depan itu ingin menjadi apa. Hal apa yang sebenarnya menjadi motivasi terbesar diri kamu untuk kuliah di luar negeri, dan lain sebagainya.

Langkah pertama ini memang tidak mudah untuk dilakukan, namun ini menjadi kunci dasar dalam mewujudkan impian kuliah di luar negeri. Untuk membantu kamu mengenali diri kamu sendiri, cobalah untuk meluangkan waktu sendiri. Merenung. Ini cara terbaik untuk mengetahui siapa, seperti dan apa tujuan kamu hidup. Ingatlah, bahwa masing-masing individu itu adalah istimewa.

Setelah merenung, cobalah tanya kepada keluarga, kamu itu sosok seperti apa. Orang tua tentu mengenal diri kamu, mengingat merekalah yang membesarkan dirimu sejak kecil. Selain keluarga, mintalah pendapat kepada kerabat.

2. Tentukan Jurusan, Negara dan Universitas Pilihan

Langkah berikutnya untuk mewujudkan impian kuliah di luar negeri adalah dengan menentukan jurusan, negara dan universitas pilihan. Langkah kedua yang juga memiliki tingkat kesulitan seperti langkah pertama.

Menentukan jurusan kuliah bukan hal yang mudah, mengingat tidak sedikit kasus mahasiswa yang salah jurusan. Sesuaikan dengan minat dan bakat diri kamu. Selain itu, pertimbangkan prospek kerja di masa depan.

Sudah menetapkan jurusan kuliah, berikutnya cari negara beserta universitas tujuan. Pertimbangkan negara yang memiliki kualitas pendidikan terbaik. Sementara untuk universitas pilihan, pastikan menyediakan jurusan yang sudah kamu pilih, namun tetap dengan memperhatikan akreditasi atau kualitas lembaga pendidikan tinggi tersebut.

3. Rencanakan Dana Pendidikan

Telah mengenal diri sendiri dan sudah menentukan jurusan, negara beserta universitas pilihan, langkah terakhir untuk mewujudkan kuliah di luar negeri adalah merencanakan sekaligus menyiapkan dana pendidikan.

Seperti diketahui bersama bahwa dana pendidikan mengalami inflasi setiap tahunnya. Tidak hanya terjadi di Indonesia, tetapi juga di luar negeri. Banyak yang mengurungkan niat untuk kuliah karena terbentur biaya pendidikan yang mahal.

Baca Juga: Ternyata Ini 2 Kunci Sukses Lolos Beasiswa Kuliah

Besaran biaya kuliah bisa diatasi dengan berbagai cara. Salah satu cara terbaiknya adalah dengan beasiswa. Berbagai program beasiswa kuliah luar negeri tersedia. Penting untuk memaksimalkan setiap kesempatan beasiswa. Jika gagal dengan cara beasiswa, kamu bisa mengatasi biaya kuliah yang mahal dengan mengajukan dana pendidikan baik asuransi maupun cicilan biaya kuliah.

Urusan kampus beres hanya dalam satu genggaman tangan bukan lagi mustahil untuk dilakukan. Telah hadir aplikasi goKampus di Google Play Store dan App Store. Segera download di smartphone kamu sekarang juga! Melalui aplikasi goKampus, bisa melakukan proses pendaftaran kuliah, mengajukan dana pendidikan dan beasiswa, hingga membuat acara kampus dan informasi magang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like