Sebuah kebanggaan tersendiri jika mampu mewujudkan impian kuliah di luar negeri. Tak hanya itu, dengan mengenyam pendidikan di negeri orang, maka akan mendapatkan pengalaman yang menjadi modal berharga untuk di kehidupan di masa depan.

Keuntungan lain dari kesempatan kuliah di luar negeri adalah memperluas jaringan. Berkenalan dengan pelajar dari seluruh penjuru dunia dengan latar belakang budaya dan bahasa yang berbeda.

Baca Juga: Kuliah di Luar Negeri? Jangan Lakukan 3 Hal Ini!

Hal yang paling menguntungkan kuliah di negeri orang, seperti Inggris, Australia dan Amerika Serikat bukan lain adalah mendapatkan kualitas pendidikan terbaik. Seperti diketahui, tiga negara tersebut menjadi daftar teratas bagi para pelajar di seluruh dunia sebagai negara tujuan pendidikan.

Baik Inggris, Australia maupun Amerika Serikat, menawarkan kualitas pendidikan yang tidak perlu lagi diragukan. Terbukti, 10 daftar universita terbaik di dunia, sebagian berasal dari ketiga negara tersebut.

Berbagai keuntungan dan kebanggaan kuliah di luar negeri menjadi daya tarik para pelajar Indonesia. Namun, tentu saja bukan hal yang mudah untuk mewujudkan impian tersebut. Butuh usaha yang lebih, mengingat tantangan demi tantangan tidak pernah berhenti datang untuk membuat menyerah.

Kamu tidak sendirian tentang bagaimana cara untuk kuliah di luar negeri. Banyak para pelajar lainnya yang juga demikian. Berikut ini 5 langkah daftar kuliah di luar negeri.

1. Tentukan Jurusan Kuliah

Langkah pertama untuk mewujudkan impian kuliah di luar negeri adalah dengan menentukan jurusan kuliah. Memilih program studi tidak boleh dilakukan secara sembarangan atau bahkan hanya ikut-ikutan, karena itu sangat berdampak besar pada masa depan. Tidak sedikit pula yang menyesal karena salah dalam memilih jurusan.

Oleh karena itu, tips sukses dalam menentukan jurusan kuliah adalah sesuaikan dengan minat dan bakat. Tidak hanya itu, sesuaikan juga dengan prestasi dan nilai akademik. Dan terakhir adalah prospek kerja.

2. Negara dan Universitas Pilihan

Setelah mengetahui jurusan yang akan kamu ambil untuk kuliah di luar negeri, maka langkah berikutnya adalah menentukan negara tujuan sekaligus universitas pilihan. Pilih negara dengan kualitas pendidikan terbaik, seperti Inggris, Australia, Selandia Baru, dan Amerika Serikat.

Selain keempat negara tersebut, masih banyak negara-negara lain yang tidak kalah baiknya dalam kualitas pendidikan. Terpenting adalah diri kamu sendiri, karena sebaik apapun perguruan tinggi yang menjadi tempat belajar, tapi jika tidak bersungguh-sungguh akan percuma.

Memilih negara tujuan sekaligus juga menentukan universitas pilihan. Sesuaikan dengan program studi yang telah kamu pilih dalam menentukan perguruan tinggi tujuan. Mengingat, tidak semua kampus menyediakan prodi pilihan kamu.

3. Mencari Informasi

Jurusan kuliah, negara tujuan dan universitas pilihan telah dilewati, langkah selanjutnya untuk kuliah di luar negeri adalah dengan mencari informasi sedetail mungkin. Bukan hal yang sulit tentunya untuk mencari informasi di era keterbukaan seperti sekarang ini.

Seperti diketahui bersama, cukup dengan menggunakan smartphone yang hampir dimiliki oleh kamu semua, langsung bisa menemukan informasi yang dicari. Namun satu hal yang penting untuk dicatat, wajib hukumnya untuk pintar dalam memilih informasi yang tersedia.

Pasalnya, tidak sedikit situs yang menyediakan informasi namun setelah dicek kebenarannya, ternyata informasi tersebut tidak benar atau yang lebih dikenal dengan istilah hoax. Ini menjadi tantangan tersendiri mencari informasi di tengah era keterbukaan.

Untuk memastikan informasi seputar universitas dan jurusan kuliah, kamu bisa mengakses situs resmi kampus tersebut. Informasi yang penting untuk dicari adalah mulai dari persyaratan mahasiswa baru hingga jadwal pendaftaran.

Ingin kuliah di luar negeri tapi masih kesulitan dalam hal biayanya? Langsung aja download aplikasi goKampus di Google Play Store dan App Store. Melalui aplikasi ini, kamu bisa mengajukan diri pada berbagai program beasiswa kuliah yang tersedia. Selain itu, kamu juga bisa mengajukan dana pendidikan. goKampus membuat segala urusan kampus beres hanya dalam genggaman tangan, termasuk juga pendaftaran kuliah, magang dan event kampus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like