Rencanakan dana pendidikan sekarang juga! Kalimat pembuka yang menegaskan bahwa pendidikan itu tidak murah harganya. Butuh dana yang jumlahnya tidak sedikit untuk mengenyam pendidikan setinggi-tingginya. Karena dengan semakin tinggi status pendidikan seseorang, maka semakin besar tingkat kesuksesan yang akan diraih di masa depan. Lantas bagaimana dengan kamu?

Baca Juga: Ini Dia! Cara Jitu Mengatasi Kendala Biaya Kuliah

Pendidikan menjadi salah satu faktor terbesar dalam menentukan masa depan seseorang. Tanpa seseorang meraih pendidikan yang layak, kemungkinan besar Ia akan kesulitan dalam menjalani kehidupan ini. Meski faktanya memang bahwa di Indonesia masih banyak orang-orang yang belum mendapatkan pendidikan layak. Ini pun sekaligus menjadi pukulan telak untuk pemerintah.

Jangan bergantung pada orang lain, tapi gantungkan harapan pada diri sendiri. Jadikan kalimat tersebut sebagai pegangan dan motivasi besar dalam hidupmu. Jadi, yang menentukan masa depan kamu yang diri kamu sendiri, orang lain hanya sebatas membantu.

Oleh karena itu, demi mendapatkan pendidikan setinggi-tingginya, kamu harus memulai merencanakan dana pendidikan sedini mungkin. Jika saat ini kamu masih duduk di bangku sekolah, khususnya SMA dan sederajatnya, mulailah untuk membuat rencana kedepan, termasuk dalam mempersiapkan dana pendidikan.

Sama-sama diketahui bahwa pendidikan itu mahal harganya. Maksudnya, dibutuhkan dana yang jumlahnya tidak sedikit untuk meraih pendidikan. Terlebih di tingkat perguruan tinggi negeri di Indonesia, maupun juga universitas swasta.

Sebelumnya, kamu tidak perlu memikirkan dana sekolah sejak bangku SD hingga SMA karena hadirnya program wajib sekolah 12 tahun, dimana seluruh biaya sekolah menjadi tanggung jawab pemerintah. Tapi di tingkat pendidikan tinggi, pemerintah tidak lagi membiayainya.

Meskipun memang pemerintah melalui beberapa kementerian menawarkan program beasiswa bagi pelajar yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, sebut saja salah satunya yang paling terkenal, beasiswa LPDP.

Untuk itu, mempersiapkan dana pendidikan menjadi langkah penting. Dan dalam merencanakannya, penting untuk tidak melakukan 3 kesalahan berikut ini.

1. Dana Pendidikan Itu Bukan Hanya Beasiswa

Kesalahan pertama yang sering dilakukan dalam merencanakan dana pendidikan adalah berpikir bahwa beasiswa itu satu-satunya solusi dalam mengatasi masalah biaya kuliah mahal. Padahal, banyak cara untuk mendapatkan dana pendidikan, mulai dari bekerja paruh waktu, hingga asuransi pendidikan.

Beberapa perusahaan asuransi menawarkan produk-produk yang menjadi solusi dalam mengatasi mahalnya biaya pendidikan. Namun sebelum memutuskan untuk membeli produk asuransi pendidikan, sangat untuk kamu mengetahui secara detail tentang produk tersebut beserta perusahaan yang menjualnya. Pastikan terdaftar, pengalaman dari segi perusahaan, dan produk yang dijualnya memberikan kamu keuntungan, bukan sebaliknya.

2. Lebih Baik Terlambat Daripada Tidak Sama Sekali

Lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali. Kalimat yang menegaskan bahwa sebenarnya tidak ada kata terlambat, yang ada hanya tidak berani untuk memulai. Oleh karena itu, beranilah untuk memulai merencanakan dana pendidikan, sekalipun itu sudah masuk kuliah, daripada tidak memikirkannya sama sekali bagaikan air mengalir begitu saja.

Ketika kamu sudah kuliah satu semester misalnya, kamu harus tetap menyusun rencana dana pendidikan. Pasalnya, kuliah tidak hanya satu semester, tetapi hingga delapan semester. Artinya, masih ada tujuh semester yang akan dijalani, dan itu artinya biaya kuliah masih akan kamu keluarkan.

3. Mengabaikan Kenaikan Harga

Kesalahan terakhir dalam merencanakan dana pendidikan adalah mengabaikan kenaikan harga. Ini menjadi kesalahan yang seringkali dilakukan oleh para pelajar dalam menyusun rencana anggaran pendidikan.

Perlu diketahui bahwa biaya kuliah itu setiap tahunnya akan mengalami peningkatan secara signifikan. Tidak hanya berlaku pada universitas swasta di Indonesia, tetapi juga perguruan tinggi negeri. Untuk itu, perhatikan kenaikan harga biaya kuliah yang terjadi setiap tahunnya dalam menyusun anggaran kuliah.

Untuk mendapatkan berbagai informasi seputar dunia perkuliahan, langsung saja download aplikasi goKampus di smartphone-mu sekarang! Informasi seperti beasiswa, acara kampus, dana pendidikan dan pendaftaran kuliah, serta berbagai kesempatan magang bisa kamu akses dengan mudah di satu aplikasi saja. Download goKampus di Google Play Store dan App Store sekarang!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like