Melanjutkan pendidikan tinggi menjadi hal penting untuk dilakukan di era modern seperti sekarang ini. Tidak hanya akan memperbesar peluang untuk memenangkan persaingan secara global, tetapi sekaligus juga untuk penghidupan yang layak di masa depan.

Namun faktanya, para pelajar di Indonesia tidak banyak yang menyadari bahwa kembali mengenyam pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi itu penting. Tidak sedikit dari mereka yang pada akhirnya memilih untuk langsung terjun ke dunia kerja dibandingkan kuliah.

Bukan hanya karena faktor tersebut, tidak melanjutkan kuliah juga dikarenakan faktor biaya. Seperti diketahui bersama bahwa dibutuhkan biaya yang tidak sedikit jumlahnya untuk bisa mengenyam pendidikan tinggi.

Baca Juga: Ingin Diterima Beasiswa Kuliah? Beri Alasan Menarik!

Faktor ekonomi masih menjadi kendala terbesar mengapa para lulusan SMA dan sederajatnya memilih untuk langsung terjun ke dunia kerja daripada harus kembali kuliah. Namun layaknya pepatah mengatakan: “Banyak cara menuju Roma”, untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi juga demikian.

Masalah biaya kuliah yang mahal dapat diatasi dengan berbagai cara, salah satunya dengan mengajukan program beasiswa yang disediakan oleh beragam pihak, mulai dari pemerintah, universitas hingga perusahaan swasta.

Selain dengan beasiswa, mengatasi biaya kuliah mahal juga bisa dilakukan dengan cara mengajukan dana pendidikan melalui asuransi, pinjaman, dan lain sebagainya. Jadi, dana pendidikan yang mahal bukan lagi menjadi kendala terbesar untuk tidak melanjutkan pendidikan tinggi.

Mempersiapkan dana pendidikan menjadi hal penting untuk kuliah. Akan tetapi, ada hal-hal lain yang tidak kalah pentingnya untuk diketahui. Mengingat, tidak sedikit pula yang gagal masuk ke perguruan tinggi impian. Berikut ini 3 cara sukses daftar kuliah.

1. Tentukan Jurusan Kuliah Beserta Universitas Tujuan

Menentukan jurusan kuliah bukan pekerjaan yang mudah. Tidak sedikit yang pada akhirnya harus berhenti ditengah jalan atau tidak melanjutkan kuliah karena menganggap jurusan yang dipilih tidak sesuai dengan minat dan bakat dirinya.

Untuk itulah, faktor penting dalam memilih jurusan kuliah adalah minat dan bakat. Cari tahu tentang diri kamu sendiri, apa yang sebenarnya hal yang menjadi kesukaan kamu hingga ingin mempelajarinya. Cari tahu pula tentang kemampuan yang kamu miliki. Selain itu, penting pula untuk mempertimbangkan prospek kerja.

Dalam hal memilih universitas tujuan, sesuaikan dengan jurusan kuliah yang lebih dulu telah dipikirkan. Sebaiknya, memiliki minimal 3 universitas yang ingin dijadikan sebagai tempat mengenyam pendidikan tinggi.

2. Informasi Daftar Kuliah

Mencari informasi di era modern seperti sekarang ini bukan lagi pekerjaan yang sulit untuk dilakukan. Cukup melalui smartphone yang hampir dimiliki oleh setiap individu, langsung dengan mudah mendapatkan informasi yang tengah dicari. Ini menjadi cara sukses pertama untuk daftar kuliah.

Informasi yang kamu cari tidak hanya tentang waktu pendaftaran mahasiswa baru saja, tetapi juga mengenai persyaratan, ketentuan hingga termasuk ujian yang akan diselenggarakan. Catat baik-baik seluruh informasi mengenai penerimaan mahasiswa baru.

Lebih dulu cermati waktu pendaftaran, kemudian cek ketentuan. Penuhi segala persyaratan yang diperlukan. Dan terakhir, mengikuti ujian tertulis. Namun, ada seleksi tanpa tes tertulis, yakni melalui jalur undangan, jalur prestasi, dan lain sebagainya.

3. Persiapan Menghadapi Ujian Tertulis

Dan cara sukses daftar kuliah terakhir agar diterima menjadi mahasiswa di universitas tujuan dengan program studi pilihan adalah dengan mempersiapkan diri menghadapi ujian tertulis. Namun dengan catatan, ini hanya berlaku untuk jalur seleksi SBMPTN dan Mandiri, mengingat jalur SNMPTN atau undangan tidak ada tahapan tes tertulis.

Sama halnya dengan dua cara sebelumnya, memilih jurusan kuliah beserta universitas tujuan dan mencari informasi sekaligus melengkapi segala berkas pendaftaran, menghadapi ujian tertulis menjadi puncak dari serangkaian tahap penerimaan mahasiswa baru.

Oleh karena itu, persiapkan diri kamu sebaik mungkin. Tidak hanya meningkatkan pengetahuan akan materi yang akan diujikan, tetapi juga kondisi kesehatan dan segala perlengkapan ujian seperti papan jalan, alat tulis, serta lain sebagainya.

Sudah download aplikasi goKampus di Google Play Store dan App Store? Jika belum, download sekarang! 6 fitur tersedia pada aplikasi goKampus untuk membuat urusan kampus beres. Mulai dari daftar kuliah, magang, dana pendidikan, event kampus, promo mahasiswa hingga beasiswa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like