Dunia perkuliahan adalah masa dimana kita dituntut untuk hidup secara mandiri. Tidak lagi seperti masa sekolah yang seperti “dimanjakan”. Ketika sudah daftar kuliah dan menjadi mahasiswa, waktunya untuk hidup mandiri. Beragam kegiatan dilakukan secara mandiri, mulai dari mengatur jadwal kuliah, menyusun Kartu Rencana Studi (KRS), hingga menjalin komunikasi dengan dosen, dan lain sebagainya.

Inilah mengapa akan banyak ditemui macam-macam mahasiswa ketika berada di dunia perkuliahan. Ada yang terobsesi untuk mendapatkan nilai IPK (Indeks Prestasi Kumulatif) sempurna. Ada yang terpenting bisa ikut organisasi dan nongkron bersama teman-teman. Dan ada juga mahasiswa yang hanya mementingkan gelar semata.

Baca Juga: Kehidupan Mahasiswa Itu Beda Dengan Masa SMA

Tahukah kamu, bahwa ada loh istilah yang terdengar lucu untuk menggambarkan macam-macam mahasiswa dengan kepentingannya masing-masing tersebut. Bagi yang sudah berstatus mahasiswa, tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah yang dimaksud tersebut. Tapi bagi calon mahasiswa atau mahasiswa baru, mungkin hanya sebagian saja yang mengetahuinya, dan pastinya belum merasakannya.

Nah, berikut ini setidaknya terdapat 2 istilah lucu yang menggambarkan macam-macam mahasiswa di Indonesia!

Istilah Mahasiswa “Kupu-Kupu

Istilah pertama yang menggambarkan mahasiswa dengan kepentingannya masing-masing adalah “kupu-kupu”. Yang dimaksud bukan hewan dengan keindahannya ya sobat goKampus, melainkan singkatan dari kuliah pulang-kuliah pulang.

Mahasiswa dengan istilah “kupu-kupu” ini sesuai dengan singkatannya, kuliah pulang-kuliah pulang. Baginya, dunia perkuliahan hanya sebatas belajar secara akademis hingga mendapatkan gelar di penghujung nanti. Tidak lebih dari mengembangkan kemampuan yang lain di dalam dirinya.

Padahal perlu diketahui bersama bahwa setiap diri kita ini selalu memiliki kemampuan pendukung lainnya. Contohnya, kamu pintar dalam hal hitung-menghitung, dan disisi lain juga kamu memiliki kemampuan olahraga seperti bermain sepak bola.

Sangat disayangkan jika kamu mengabaikan kemampuan dalam bermain sepak bola dan hanya terpenting datang ke kampus, mengikuti mata kuliah demi mata kuliah, setelah itu langsung pulang.

Dengan meningkatkan kemampuan lain semasa kuliah, kamu tidak hanya akan mendapatkan gelar di penghujung masa perkuliahan, tetapi juga meningkatkan kemampuan yang lain. Karena perlu diketahui juga bahwa dunia perkuliahan itu masa dimana untuk kita mengenal siapa diri kita dan meningkatkan segala potensi yang kita miliki.

Jadi, usahakan untuk tidak menjadi mahasiswa “kupu-kupu” ya sobat goKampus!

Apa Itu Istilah Mahasiswa “Kura-kura

“Kura-kura” yang dimaksud dalam istilah mahasiswa ini adalah singkatan dari kuliah rapat-kuliah rapat. Mahasiswa yang dimaksud dengan istilah “kura-kura” adalah mereka yang tidak hanya selesai mengikuti mata kuliah langsung pulang ke rumah, melainkan mereka yang tidak ragu untuk menghabiskan waktu banyak untuk kegiatan kampus.

Istilah “kura-kura” ini menggambarkan jenis mahasiswa yang aktif selagi kuliah. Mahasiswa yang tidak hanya daftar kuliah untuk mendapatkan gelar akademik, tetapi lebih untuk meningkatkan segala potensi yang dimilikinya.

Ciri-ciri mahasiswa “kura-kura” dilihat dari kesibukkan selama menjalani masa perkuliahan. Tidak hanya menjalani kewajibannya untuk mengikuti mata kuliah satu per satu sesuai KRS miliknya, namun juga aktif berognasisi dan kepanitiaan.

Jika ada acara atau event kampus, mahasiswa dengan istilah ini tidak ragu untuk daftar sebagai salah satu panitianya. Selain itu, rela pula menghabiskan waktunya untuk mengikuti organisasi kampus, seperti BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa), UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa), dan lain sebagainya.

Sebaiknya tidak menjadi mahasiswa “kupu-kupu”, melainkan menjadi mahasiswa “kura-kura”. Tapi, perlu juga diketahui bahwa mengatur waktu menjadi kunci menjadi mahasiswa “kura-kura” agar tidak berjalan berantakan.

Untuk kamu yang berencana jadi mahasiswa “kura-kura”, tahukah kamu bahwa saat ini sangat mudah untuk memasarkan event kampus loh? caranya cukup download aplikasi goKampus di Google Play Store dan App Store. Pada aplikasi goKampus, terdapat fitur event kampus yang tidak hanya membantu kamu memperluas informasi seputar acara yang kamu hadirkan, tetapi kamu juga bisa mengajukan proposal untuk menjalin kerjasama dengan goKampus, baik itu sebagai media partner maupun sponsor.

Tidak hanya itu, pada aplikasi goKampus, kamu juga bisa loh daftar kuliah yang pastinya tanpa ribet-ribet lagi datang ke universitas tujuan. Bahkan kamu langsung diterima di kampus pilihan tanpa tes. Aplikasi goKampus juga bisa kamu gunakan untuk mencari informasi magang, mengajukan beasiswa kuliah, dana pendidikan, hingga memaksimalkan promo mahasiswa untuk makanan favorit kamu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like